Rabu, 17 Maret 2010

Bagaimana menggunakan perpustakaan

Apa sih yang ada di dalam perpustakaan??
Dan bagaimana menggunakannya??

Perpustakaan pada masa lalu banyak dipenuhi dengan buku, peta dan bermacam lembaran kertas yang bertumpuk-tumpuk di rak. Sebagian perpustakaan juga mempunyai koleksi berupa microfisch, microfilm, kaset. Semua bentuk tersebut mengandung informasi, baik berupa tulisan, suara maupun gambar.Pada masa sekarang, beberapa bentuk media tersebut masih tidak bisa ditinggalkan. Namun media penyimpanan informasi telah berkembang dalam kualitas, bentuk dan format yang lebih baik.

  • KOLEKSI:Yang dimaksud dengan koleksi adalah segala macam karya tulis, karya cetak dan karya rekam yang tersimpan didalam perpustakaan.Koleksi inilah yang menjadi kekuatan dari perpustakaan karena pada dasarnya perpustakaan berfungsi untuk menyediakan informasi.Koleksi dimilik suatu perpustakaan dengan cara: pembelian, tukar menukar dan hadiah.

Bagaimana koleksi ini dapat digunakan??

Ada sarana yang bisa dipakai oleh pemustaka (dulu disebut "pemakai perpustakaan"), yaitu:

  • Katalog yang biasa dijumpai di perpustakaan adalah katalog kartu. Ada juga katalog yang biasa disebut OPAC (on line public acces catalaogue).Katalog dapat dikatakan sebagai wakil dari koleksi. Karena katalog berisi deskripsi judul,edisi, deskripsi pengarang, deskripsi penerbit,deskripsi khusus, deskripsi fisik.Penelusuran informasi bisa melalui kata kunci berupa nama pengarang, judul, atau subyek. Di dalam katalog juga tercantum lokasi penyimpanan koleksi yang disebut dengan call number (nomor panggil ). Nomor ini berupa angka (minimal 3 angka), tiga huruf pertama nama pengarang, dan huruf pertama judul.Angka disini bukan sembarang angka ( .> ). Angka ini disusun dengan suatu sistem tertentu. Biasanya perpustakaan memakai suatu sistem yang disebut dengan DDC (Dewey Decimal Classification).dan penempatan koleksi terutama berupa buku, berdasarkan sistem ini. Jadi suatu buku dalam satu subyek akan berkumpul dengan teman2 lainnya yang sama subyeknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar